Cara Menghilangkan Ngorok atau Mendengkur

Cara Menghilangkan Ngorok

Mendengkur adalah kebiasaan yang dialami banyak orang terutama pria. Tidak hanya mengurangi kualitas tidur Anda, mendengkur juga akan mengganggu orang-orang disektiar Anda saat tidur terutama pasangan Anda. Kebiasaan mendengkur yang tidak diatasi bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan atau hubungan dengan pasangan Anda.

Kebiasaan mendengkur ternyata merupakan tanda anda bahwa Anda menderita apnea tidur obstruktif, kondisi ini sangat berbahaya jika tidak segera ditangani. Kebiasaan mendengkur harus segera diobati dengan serius, karena jika tidak akan berisiko terkena penyakit lain seperti tekanan darah tinggi, diabetes, depresi dan jantung yang bermasalah.

Selain berkonsultasi dengan dokter untuk mengobati ngorok atau dengkuran, beberapa makanan ini juga bisa membantu menghilangkan kebiasaan ngorok Anda. Berikut jenis makanannya.

  1. Madu

Mencampurkan madu dengan teh yang diminum sebelum tidur dapat membuat tenggorokan terasa lebih lega. Manfaat madu juga bisa membantu menyingkirkan dahak yang sering menyumbat tenggorokan. Kebiasaan mendengkur bisa terjadi akibat adanya pembengkakan pada rongga tenggorokan, dan minum madu adalah salah satu cara untuk mengobatinya.

  1. Susu kedelai

Mendengkur juga bisa terjadi karena Anda alergi terhadap susu sapi yang Anda minum, jika ternyata memang benar maka beralihlah ke susu kedelai karena salah satu manfaat susu kedelai sebagai pengganti susu sapi. Susu sapi mengandung laktosa yang bisa menyebabkan alergi dan menimbulkan gangguan dari yang ringan sampai ke tingkat yang parah. Termasuk membuat saluran pernapasan Anda terganggu yang akhirnya menimbulkan dengkuran.

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun atau olive oil adalah minyak yang sering dipilih untuk mengolah makanan sehari-hari. Minyak zaitun merupakan jenis minyak dengan kandungan lemak yang aman bagi lambung Anda. Sering menggunakan minyak yang mengandung lemak jenih atau mentega bisa membuat penyakit maag Anda kambuh di malam hari. Karena kondisi saluran pencernaan yang tidak normal ini bisa membuat Anda mendengkur, jadi coba ganti minyak Anda dengan minyak zaitun mulai sekarang.

  1. Teh

Anda bisa memanfaatkan jenis teh apapun untuk mengurai penumpukan dahak pada rongga tenggorokan Anda. Coba teh herbal seperti teh hijau, teh hijam, chamomile, teh putih atau campuran teh dengan madu atau buah lemon untuk membantu menghilangkan dengkuran karena tenggorokan yang tersumbat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *