Cara Menghilangkan Ketombe Basah dan Berminyak

Cara Menghilangkan Ketombe

Salah satu masalah kesehatan yang sering menghinggapi kepala adalah ketombe. Ketombe bisa muncul dengan rasa gatal yang sangat mengganggu aktivitas kita. Masalah kulit kepala ini juga akan menimbulkan serpihan putih yang bisa berjatuhan ke pakaian kita, tentu akan mengurangi rasa percaya diri kita. Tapi jangan khawatir, karena ada banyak cara untuk mengatasi ketombe secara alami.

Namun sebelum Anda mencoba menghilangkan ketombe, ada baiknya Anda mengetahui jenis dan penyebab ketombe bisa muncul di kulit kepala Anda. Ada dua jenis ketombe yang biasa muncul, yakni ketombe basah atau berminya dan ketombe kering. Jika ternyata Anda mengalami masalah ketombe basah, penanganannya sedikit lebih rumit dibandingkan ketombe kering, simak berikut ini.

Cara Menghilangkan Ketombe Basah

 

  1. Penyebab ketombe basah atau berminyak

Produksi minyak atau sebum di kulit kepala memang dibutuhkan untuk menjaga kulit kepala dan rambut tetap lembab. Namun akan mulai timbul masalah apabila terjadi kelebihan produksi minyak atau sebaceous gland, dan hal inilah yang bisa menyebabkan ketombe. Kondisinya bisa semakin buruk jika terdapat kotoran yang terjebak pada kulit kepala yang lengkep, sehingga akan memicu rasa gatal yang parah atau bahkan infeksi.

  1. Gunakan sampo anti ketombe

Sampo anti ketombe memang menjadi cara ampuh menghilangkan ketombe dan tentunya mudah. Tapi untuk mendapatkan hasil terbaik, usahakan untuk memilih sampo anti ketombe dengan formulasi ringan atau yang mengandung bahan-bahan organik. Sampo anti ketombe seperti ini selain dapat mencegah kerusakan rambut lebih lanjut juga akan membantu mengontrol produksi minyak di kulit kepala.

  1. Cuci rambut secara teratur

Ketombe basah yang tercampur dengan kotoran dan minyak akan membuat kulit kepala Anda terasa sangat gatal. Salah satu tips menghilangkan ketombe yang efektif adalah dengan sering mencuci rambut. Karena selain membantu menyingkirkan kelebihan minyak, juga akan membuang kotoran yang menumpuk bersama dengan sel kulit mati sehingga kulit kepala Anda terhindar dari rasa gatal dan infeksi.

  1. Cara menyisir rambut

Anda bisa menggunakan sisir untuk memijat kulit kepala, selaindapat melancarkan sirkulasi darah yang membantu menyehatkan rambut, juga membersihkan kulit kepala yang efektif. Lakukan penyisiran perlahan dan rutin sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe.

  1. Bilas sampo hingga bersih

Saat menggunakan sampo anti ketombe, pastikan Anda membilasnya dengan menyeluruh agar benar-benar bersih. Lalu lanjutkan dengan pengeringan rambut secara alami dengan menghindari penggunaan hair dryer sebagai salah satu cara menghindari ketombe.

  1. Gunakan produk perawatan rambut yang tepat

Jika suatu ketika Anda menemukan produksi minyak yang berlebih di kulit kepala secara mendadak, Anda wajib mencurigai produk perawatan rambutĀ  yang Anda pakai. Karena bisa jadi terdapat sisa residu sampo anti ketombe atau kondisioner yang tidak tercuci dengan bersih. Selain itu jika kondisinya cukup mengkhawatirkan, hindari penggunaan hair spray yang dapat menyumbat pori-pori kulit kepala dan memperparah kondisinya.

  1. Gaya hidup sehat

Selain perawatan kulit kepala dan rambut serta penggunaan produk yang tepat, gaya hidup sehat juga menunjang cara menghilangkan ketombe yang Anda lakukan. Usahakan untuk memperbaiki pola makan dengan mengonsumsi buah-buahan, sayuran, memenuhi kebutuhan air putih serta menekan tingkat stres serendah mungkin. Kesehatan tubuh Anda akan berbanding lurus dengan kondisi rambut dan kulit kepala Anda, sehingga ketombe tidak akan berani datang.

  1. Perawatan cuka apel

Cuka apel memang sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit kepala, ia mampu membantu mengurangi kada minyak berlebih dan mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe berkat sifat antimikrobanya. Gunakan cuka apel untuk mengatasi ketombe basah dengan cara, encerkan 4 sdm cuka aple dengan jumlah air yang sama pula. Usapkan pada kulit kepala secara merata dengan menggunakan bula kapas yang sudah dicelupkan kedalam campuran air dan cuka apel. Jika sudah merata, diamkan kira-kira 30 menit, lalu bersihkan rambut Anda dengan sampo anti ketombe yang memiliki formulasi ringan.

  1. Tambahkan perawatan jeruk lemon

Perasan air jeruk lemon adalah astringent alami yang bisa membantu mengontrol produksi minyak pada kulit kepala agar tidak berlebihan. Selain itu ia juga bisa menyeimbangkan kadar pH kulit kepala sehingga akan mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe. Namun jangan gunakan air perasan atau sari jeruk lemon langsung ke kulit kepala karena dapat menyebabkan iritasi. Sebagai cara menghilangkan ketombe, campur air perasan jeruk lemon tersebut dengan sedikit air lalu aplikasikan pada kulit kepala Anda sampai merata. Coba lakukan rutin selama 10 hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Menghilangkan ketombe dengan baking soda

Selain menjadi bahan wajib untuk membuat kue, ternyata baking soda juga bisa mengurangi produksi minyak berlebih dan jamur penyebab ketombe. Untuk cara menghilangkan ketombe dengan baking soda caranya sangat sederhana. Anda hanya perlu membubuhkan baking soda ke kulit kepala yang sudah dibasahi sebelumnya, lakukan sambil memberikan pijatan lembut. Setelah 2-5 menit bilas hingga bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *