5 Cara Alami Menghilangkan Ketombe, Mudah dan Praktis

Cara Alami Menghilangkan Ketombe

Ketombe memang masalah salah satu masalah kulit yang menyebalkan, dengan rasa gatal serta serpihan putih yang bisa berjatuhan dimana-mana. Karenanya kita bisa kekurangan percaya diri, apalagi jika harus melakukan sesuatu di depan banyak orang seperti presentasi, tentu akan sangat mengganggu.

Untuk itu kita harus segera mengatasi ketombe sebelum terlalu lama dan kondisinya semakin parah. Cara alami menghilangkan ketombe pun sangat banyak, dari yang menggunakan rempah sampai dengan mengubah kebiasaan kita. Nah berikut ini ada beberapa cara menghilangkan ketombe alami yang bisa Anda coba, mungkin saja akan ampuh untuk mengatasi ketombe membandel Anda.

Cara Alami Menghilangkan Ketombe

 

  1. Keramas secara teratur

Ketombe akan muncul ketika di kulit kepala Anda terdapat tumbukan sel-sel kulit mati. The Mayo Clinic menyarankan untuk mencuci atau keramas rambut setiap hari dengan sampo anti ketombe sampai jumlah serpihatn putih di kepala Anda jumlahnya berkurang, selanjutnya bisa dilanjutkan dengan keramas rutin 2-3 kali perminggu.

Perlu Anda ketahui bahwa terlalu sering keramas, terutama dengan sampo anti ketombe yang mengandung bahan kimia keras seperti lauryl sulfate bisa menimbulkan iritasi kulit kepala dan membuatnya menjadi kering, yang akan memperparah kondisi kulit kepala Anda.

  1. Menyikat rambut

Jika ketombe sudah hilang, jangan lupa untuk menyikat rambut secara rutin setelah mandi dan keramas. Cara ini akan membantu menyebarkan minyak alami yang ada di kulit kepala keseluruh permukaan kulit kepala Anda.

  1. Hindari stres

Stres dapat menjadi salah satu penyebab ketombe muncul di kulit kepala Anda. Maka dari itu usahakan diri Anda terhindar dari stres, Anda bisa menghindarinya dengan cara-cara yang sehat seperti berolahraga dan menerapkan pola makan yang sehat. Karena makanan yang kurang sehat juga bisa menimbulkan masalah kulit kepala dan rambut.

  1. Yogurt

Yogurt memang menjadi olahan makanan yang memiliki banyak manfaat. Untuk cara menghilangkan ketombe dengan yogurt, gosokkan yourt plain ke permukaan kulit kepala Anda secara merata, pastikan Anda telah mencuci rambut dan kulit kepala Anda sebelumnya. Lalu biarkan selama kira-kira 10-15 menit sebelum dibilas.

  1. Aspirin

Siapa sangka obat sakit kepala ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi ketombe. Caranya cukup sederhana, handirkan dua tablet aspirin hingga lembut lalu campurkan dengan sampo anti ketombe dengan formulasi ringan yang Anda pakai. Keramas seperti biasa dan pastikan merata, lalu biarkan selama kurang lebih 2 menit sebelum dibilas.

  1. Madu

Bahan herbal yang satu ini memang sudah sejak lama dipercaya dapat mengatasi berbagai macam masalah kesehatan serta menjaga kesehatan. Manfaat madu salah satunya ialah dapat membantu menghilangkan ketombe. Caranya juga sederhana, campurkan madu dengan sedikit air agar lebih encer dan mudah digunakan, kemudian usapkan merata ke kulit kepala dan rambut Anda. Biarkan beberapa menit sebelum dibilas bersih.

Itulah beberapa cara alami menghilangkan ketombe yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Dan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, lakukan perawatan ini secara rutin dalam beberapa hari kedepan. Semoga dapat menjadi solusi atas masalah ketombe Anda, semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *